Alternatif Tempat Wisata Akhir Pekan di Pelabuhan Ratu

19.51.00 dilan deswara 6 Comments

Pelabuhan Ratu Berlokasi di pantai barat daya Jawa Barat, daerah ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Pelabuhan Ratu merupakan ibukota Kabupaten Sukabumi. Lokasinya bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 4 jam dari Bandung.
Di daerah ini terdapat Pantai Pelabuhan Ratu yang dikenal sebagai tujuan utama wisatawan untuk berlibur atau rekreasi. Pelabuhan Ratu juga dikenal sebagai tujuan para pencinta surfing karena memiliki ombak yang besar. Hal tersebut tidak lepas dari letak Pelabuhan Ratu yang langsung menghadap ke Samudra Hindia.
Hotel di Pelabuhan Ratu cukup banyak sehingga wisatawan bisa berwisata dengan leluasa tanpa dibatasi waktu, karena lokasi hotel yang ada di sekitar tempat ini sebagian besar dekat dengan objek wisata.
Traveloka.com adalah salah satu website agen travel online yang direkomendasikan jika Anda berminat untuk melihat harga dan fasilitas tempat menginap berupa hotel atau resort yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda di Pelabuhan Ratu.

Transportasi menuju Pelabuhan Ratu

Jika berangkat dari ibukota Jakarta, cara paling gampang untuk sampai ke Pelabuhan Ratu Adalah dengan menggunakan bus ke Bogor dari stasiun Kampung Rambutan, Terminal Tanjung Priok atau dari Terminal Pulogadung. Selain itu sebenarnya ada juga layanan shuttle bus dari bandara Soekarno Hatta ke Bogor.
Dari Bogor (Terminal Bus Barangnangsiang) selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Ratu.
Alternatif lain, Anda bisa naik bus dari Jakarta menuju Sukabumi, misalnya dari Terminal Lebak Bulus, dari Pulo Gadung, atau dari Tanjung Priok. Setelah sampai di Sukabumi Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ratu menggunakan bus.

Tempat wisata menarik di Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu
Sama seperti yang telah disampaikan di bagian atas, bahwa objek wisata utama yang ada di Pelabuhan Ratu Adalah Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ini adalah destinasi wisata terkenal dan cukup diminati oleh warga sekitar Jawa barat khusunya warga Sukabumi.
Daya tarik utama pantai ini adalah panoramanya yang indah dengan pasir berwarna gelap. Bibir pantai cukup lebar dengan kontur yang landai dan berudara sejuk.
Pelabuhan Ratu memiliki ombak yang lumayan besar sehingga bagi Anda yang berniat untuk mandi atau berenang wajib untuk waspada. Kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Pelabuhan Ratu adalah menyewa kuda yang bisa Anda gunakan untuk berjalan-jalan berkeliling di sepanjang pantai.


Pantai Pelabuhan Ratu (Sumber Gambar : initempatwisata.com)
Scuba diving adalah salah satu kegiatan lain yang menarik untuk dilakukan selain berkuda. Arus laut di Pelabuhan Ratu memang cukup kuat akan tetapi, ada beberapa spot di mana Anda bisa melakukan penyelaman yang cukup aman dan memiliki pemandangan alam bawah laut mempesona.
Diantara nama-nama diving spots yang terkenal di Pelabuhan Ratu adalah: Karangan Antuk, Sodong Parat, dan Batu Kuok.
Berwisata ke Pantai Cimaja
Tidak jauh dari Pantai Pelabuhan Ratu, ada sebuah pantai indah dan menarik bernama Pantai Cimaja. Pantai ini tidak seperti pantai pada umumnya yang berpasir, Pantai Cimaja bibir pantainya dipenuhi batu-batu berukuran kecil hingga cukup besar lebih besar dari kepalan tangan. Jadi, Boleh dibilang ini adalah pantai yang unik.

2.  


Surfing di Pantai Cimaja (Sumber Gambar : ngasihtau.com)
Namun selain keindahan alam di sekitar pantai, tujuan utama para traveller yang datang ke Pantai Cimaja sebenarnya adalah untuk surfing karena ombak di tempat ini cukup menantang. Pada musim-musim di mana ombak sangat besar, biasanya dapat mencapai ketinggian hingga 4 m.
Berkunjung pada akhir pekan akan membuat suasana di Pantai Cimaja sedikit berbeda. Karena pada akhir pekan biasanya akan diadakan kompetisi surfing yang pesertanya kebanyakan adalah surfer lokal.
Pantai Karang Hawu
Pantai Karang Hawu juga lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Ratu, pantai ini menawarkan suasana yang sedikit berbeda namun sama-sama memiliki ombak yang besar sehingga bisa dijadikan sebagai tempat surfing.


Pantai Karang Hawu (Sumber Gambar : intanrahmawati19.wordpress.com)
Di sekitar Pantai Karang Hawu ada tebing-tebing karang yang membuat suasana lebih dramatis. Beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke pantai ini diantaranya adalah mandi dan berenang, memancing, berselancar, berjalan-jalan di sekitar bibir pantai, dan duduk santai di tepi pantai menikmati suasana yang romantis terutama pada senja hari.

Sarana dan akomodasi

Sarana prasarana di Pelabuhan Ratu cukup lengkap. Untuk pergi ke berbagai tempat di sini, Anda bisa mengandalkan angkot yang sebagian besarnya beroperasi pada siang hari. Sedangkan untuk tempat menginap, ada banyak hotel menarik yang lokasinya dekat dengan garis pantai sehingga banyak hotel-hotel tersebut yang menawarkan pemandangan langsung menuju ke arah Samudra.

Selain Hotel tentu saja ada banyak resort dan villa sebagai alternatif tempat menginap lainnya. Begitu juga dengan restoran, ada banyak restoran di garis pantai yang menawarkan sajian utama berupa menu seafood selain menu makanan dengan cita rasa lokal (menu Sunda).

6 komentar:

  1. ajak saya ya mbk klo saya mau kesana :D

    BalasHapus
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata alam
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai wisata alam yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar wisata alam

    BalasHapus